Welcome

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blogs Saya

Rabu, 24 November 2010

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


          Apabila kita perhatikan pada saat ini hampir seluruh perkantoran yang ada, menggunakan administrasi sistem komputer. Percepatan arus informasi di dalam, di luar, ke dalam maupun luar menjadi salah satu alasan mengapa menggunakan sistem komputer. Data yang dibuat oleh satu komputer sering kali tidak hanya digunakan oleh komputer itu sendiri, namun juga dibutuhkan oleh komputer-komputer lain pada saat bersamaan. Untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainya secara manual akan membutuhkan waktu yang lama. Untuk mencapai efisiensi tersebut, maka diperlukan sistem yang dapat mengatasi proses transfer data secara cepat, maka kemudian dibuatlah sistem network atau yang bisa disebut sistem jaringan.
          Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu dengan yang lainya sehingga dapat saling berbagi secara bersama-sama sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing komputer. Sumber daya yang dimaksud meliputi data atau informasi, program dan aplikasi komputer, perangkat keras, dan sebagainya.
          Tujuan dari jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1.      Membagi sumber daya, contohnya : berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
2.      Komunikasi, contohnya : surat elektronik, instant massaging, chatting.
3.      Akses informasi, contohnya : web browsing.
          Untuk membangun sebuah jaringan karja (network), sekurang-kurangnya diperlukan dua buah computer yang dihubungkan baik secara hardware maupun secara software. Penggabungan dua computer atau lebih dalam membentuk sebuah jaringan memerlukan perantara (interface) sehingga computer-computer yang dihubungkan satu sama lain dapat saling bertukar informasi.


Tipe jaringan menurut fungsi computer pd sebuah jaringan dibedakan menjadi 2 :
1.      Jaringan peer to peer
Setiap computer yang terhubung pada jaringan peer to peer dapat saling berkomunikasi secara langsung tanpa melalaui computer perantara. Sumberdaya computer terbagi pada seluruh computer yang terhubung pada jaringan tersebut baik berupa perangakat keras, perangkat lunak maupun datanya. Secara prinsip sebuah computer pada jaringan peer topeer sebagai sebuah computer stand alone atau mampu bekerja sendiri. Komputer yang digunakan untuk jaringan peer to peer ini sebaiknya tersebut ditur dan dikontrol olehmasins masing computer dalam jarinagn tersebut. Tipe peer to peer sangat sesuai untuk membangun sebuah workgroup dimana setiap computer bias saling berbagi dalam pengguna perangkat keras computer dan tidak diperlukan pengaturan keamanan data di antara anggota workgroup tersebut.
2.      Jaringan client server
Pada jaringan client server ini, ada satu lebih computer yang digunakan sebagai server sedabngkan computer computer yang lain digunakan sebagai client. Computer server mempunyai fungsi dan tugas melayani seluruh computer yang terdapat dalam jaringan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar