Welcome

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blogs Saya

Rabu, 24 November 2010

PENGANTAR CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)


CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada computer mikro disebut dengan pemroses mikro (Mikro Processor). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
Dalam dunia dagang, pemroses ini di beri nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses intel 80486 DX2-400 (Buatan intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan computer Pentium 1) CPU terdiri dari memori utama terdiri dari random acces memori RAM dan Read Only Memori (ROM). Dan terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali dan ALU. Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpanan berukuran kecil yang disebut register.

RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)
RAM adalah jenis media penyimpanan computer yang dapat di akses secara acak artinya urutan memory yang di simpan dapat di lakukan secara acak dan tidak berurutan seperti halnya disk RAM juga di fungsikan sebagai memory utama (main memory).

ROM (READ ONLY MEMORI)
Dari namanya, ROM hanya adapat dibaca sehingga progremer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa system operasi yang terdiri dari program-program poko yang diperlukan oleh system computer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan control tertentu, dan bootstrap program.

MOTHERBOARD
Motherboard/dlm bahasa Indonesia adalah papan induk merupakan media dasar dari berbagai komponen CPU computer motherboard merupakan papan sirkuit yang di pasang berbagai komponen diantaranya adalah RAM, VGA, AUDIO CARD, LAN CARD.

UNIT KENDALI
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system computer. Unit kendali ini akan mengatur kapan alatinput menerima data dan kapan data di olah serta kapanditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dan program computer, membawa data dari alat input ke memori utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah.
Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan kea lat output.

Dengan demikian, tugas unit kendali ini adalah :
1.        Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2.        Mengambil instruksi-instruksi memori utama
3.        Mengambil data dari memori utama(jika diperlukan) untuk diproses
4.        Mengirim intruksi ke ALU bila ada perhitungan arihmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU
5.        Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar